Perintis terhormat lainnya, Freemason adalah Dr. David Waldo, yang juga anggota Missouri No. 1. Dr. Waldo terlibat dalam perdagangan bulu binatang dengan sebuah toko di Taos. Dia adalah paman dari Henry L. Waldo, yang kemudian menjadi Ketua Pengadilan wilayah New Mexico dan Grand Master of the Mason di New Mexico pada tahun 1878. Pada tahun 1869 ketika Bent Lodge No. 204 disewa oleh Grand Lodge of Missouri, Dr. Waldo memindahkan akta Lodge Hall.

Ceran St. Vrain, yang dikenal sebagai Kolonel St. Vrain, datang ke New Mexico sekitar tahun 1830 dan menjadi salah satu warga yang paling dihormati dan berpengaruh di negara bagian tersebut. Ia memiliki pendidikan yang baik, sangat berbakat, gaya sopan santun tingkat tinggi, dan energi positif di perusahaan. Dia terlibat dalam perdagangan dan manufaktur. Sikapnya yang jujur dan adil serta perlakuan yang sopan terhadap siapa pun yang dihubunginya membuatnya mendapat banyak teman. St. Vrain dibesarkan di Montezuma Lodge No. 109 pada 25 Januari 1855, dan turun jabatan pada tahun 1860. Mungkin dialah yang mendapatkan surat perintah dari Grand Master Grand Lodge of Missouri untuk membentuk Bent Lodge No. 204, Taos, 4 Agustus 1860, di mana dia adalah Bendahara dan Christopher Carson adalah Junior Warden. Ketika Perang Saudara dimulai, St. Vrain membantu mengorganisasi Kalvari New Mexico pertama dan menjadi Kolonelnya, bersama dengan Kit Carson sebagai Letnan Kolonel. Setelah berakhirnya Perang Sipil, St. Vrain pindah ke Mora, dekat Fort Union, yang kemudian menjadi pangkalan militer utama di wilayah Barat Daya. Dia meninggal di sana tanggal 28 Oktober 1870, dan dimakamkan dengan upacara Masonik.

Christopher “Kit” Carson dibesarkan di Montezuma Lodge No. 109, 26 Desember 1854. Ketika Bent Lodge No.204 disewa, Carson menjadi Junior Warden pertama. Carson lahir di Kentucky, 24 Desember 1809. Pada usia 15 tahun, ia magang di tempat seorang pembuat pelana tetapi ia melarikan diri dari rumah dan bergabung dengan sekelompok pemburu di Santa Fe, New Mexico. Pada tahun 1851 Kit memutuskan untuk menetap dan menjadi peternak. Dia dan Lucien Maxwell mendirikan pemukiman di Raydo, 50 mil sebelah timur Taos, untuk mengumpulkan jerami dan gandum untuk Fort Union.

Carson diangkat sebagai agen Indian karena pengalamannya yang panjang dalam berurusan dengan orang-orang Indian. Ketika Perang Sipil datang, jasanya disambut oleh pemerintah dan dia menjadi komandan resimen New Mexico sebagai Kolonel. Pada tahun 1865 ia dipromosikan menjadi Brigadir Jenderal karena prestasinya.

Pelopor lainnya termasuk Ferdinand Maxwell, pangeran pedagang dari jalan rintisan; Jacob Houghton, Ketua Mahkamah Agung pertama New Mexico di bawah pemerintahan Amerika; Kirby Benedict, Ketua Pengadilan 1858-1866. Sebagai Lodge Masonik pertama yang disewa setelah Wilayah New Mexico diorganisir di bawah pemerintahan Amerika Serikat, Montezuma Lodge mewakili Grand Lodge dalam mensponsori Lodge-lodge yang lain dan membantu dalam organisasi mereka. Pada saat itu, wilayah New Mexico termasuk wilayah Arizona saat ini. Wakil Grand Master Distriknya adalah Joab Houghton, Master of Montezuma Lodge, 1855-1856.

 

Bersambung ke bagian 4…

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *